Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Cara Mencuci Motor Bersih dan Kinclong

Banyak versi tentang cara mencuci motor yang bersih, ini salah satu versi kami yang sudah kami praktekkan kurang lebih selama 8 bulan. Dan puji syukur, pelanggan puas dengan hasil cuci motor kami yang bersih dan mengkilat. Berikut cara caranya:

1. Semprot Bilas

semprot spakboard motor

semprot spakbaord dan mesin

Pertama yang harus dilakukan adalah menyemprot motor menggunakan mesin steam atau mesin semprotan air bertekanan tinggi. Dimulai dari spakboard motor yang merupakan bagian terkotor dari motor. Setelah spakboard motor terlihat bersih, semprot bagian velg dan mesin. Urutannya harus spakboard dulu baru velg dan mesin ya, karena kalau kebalik, nanti kotoran yang dari spakboard nempel lagi di velg dan mesin. Untuk melakukan ini yang terpenting adalah semprotan air yang kuat, supaya kotoran yang nempel pada turun.

semprotkan air ke ember yang ada sabun coleknya


Sebelum matiin mesin semprotan, masukin dulu sabun colek ke dalam ember yang udah ada peralatan cuci motornya, trus semprot pakai mesin, supaya busa dari sabun colek keluar.
jika seandaikan semprotan yang anda punya tidak keras, bisa dibantu dengan digosok pakai tangan.

2. Gosok bagian velg

Ini adalah bagian terpenting dalam mencuci motor agar terlihat bersih kinclong. Soalnya kotoran yang di sini itu bukan hanya nempel, tapi “mateng” sama panas, jadinya berkerak, dan nempel banget.

sikat bagian velg motor


Ngebersihin mesin dan velg  itu harus pakai tenaga, harus digosok bener bener. Disarankan menggunakan berbagai macam sikat, mulai dari sikat gigi, sikat WC, dan sikat biasa. Masing-masing sikat punya kegunaannya masing-masing, semakin kecil sikat, berarti diperuntukan untuk lekukan velg/mesin yang kecil. Sekali lagi ini harus pakai tenaga ya, alias harus disikat dengan kuat.

sikat knalpot motor


Urutan ngebersihin bagian velg dan mesin itu dimulai dari shockbreaker, trus ke mesin, trus ke velg bagian tengah, baru terakhir ke velg bagian luar. JANGAN TERBALIK

3. Semprot salju dan gosok

Nah bagian ini bagian yang bikin pelanggan ngiler kalau ngeliat motor lagi dicuci. Nyemprotin salju sebenernya cuma variasi aja dalem nyuci motor, wong itu cuma busa biasa. Jadi semprotkan salju ke seluruh bagian motor, khususnya bagian body dan spion. Setelah itu gosok semua bagian dengan busa yang lembut, biar gak ngegores body, di sini gak terlalu dikasih tenaga juga gak masalah.

semprot salju cuci motor

salju cuci motor


Urutan ngegosoknya, bebas. Bagian velg dan mesin gak digosok juga gak apa apa. Tapi yang mesti diingat, spion jangan kelewat! Kalau abis nyuci ternyata spionnya masih kotor, itu malu-maluin banget. Apalagi kalau yang punyca motornya cabe-cabean yang demen ngaca.
gosok body motor


4. Bilas

bilas busa

Setelah digosok. Semprot lagi motornya, di sini gak perlu semprotan dengan tekanan tinggi. Yang penting nurunin busa yang nempel di motor. Selagi menyemprotkan air, gosok body motor pakai tangan, biar kotoran yang masih nempel langsung turun.

5. Keringkan

Keringin motor sampai kering, khususnya bagian body dan pinggir ban. Ini sangat penting untuk langkah selanjutnya. Karena langkah selanjutnya yang bikin motor jadi kinclong clong. Bisa dibantu dengan kipas angin, agar motor cepet kering. Ngeringinnya pakai lap chamois/kanebo ya, supaya gak lecet body motornya.

mengeringkan cuci motor

6. Semir dan poles

semir ban dan body motor

poles body cuci motor


Nah ini dia yang bikin pelanggan kami puas banget. Yang harus anda miliki adalah semir ban dan poles body kualitas bagus.

Setelah motor bener-bener kering, pertama adalah semir bagian samping ban, gak harus tebal, yang penting merata pakai kuas. Sesudah ban, cocol bagian motor yang dob/kasar dengan semir ban, habis itu ratakan dengan kain. Gosok secara halus, memutar, dan merata.

semir ban dan bagian body yang kasar

Setelah itu, bawa poles body, semprotkan poles body ke bagian body motor yang mengkilat, sama seperti semir ban, gak usah tebal, yang penting merata. Setelah disemprot titik-titik, ratakan dengan kain yang kering, jangan kain yang basah.

Kegunaan semir dan poles ini membuat motor jadi kinclong dan wet look. Jadi seperti baru lagi, gak kusam.





Nah itu dia cara mencuci motor dengan bersih dan kinclong menurut versi kami, dan terbukti membuat pelanggan kami balik lagi. Cara cuci motor di atas memang lama, kurang lebih 40 menit, tapi gak masalah selama pelanggan mau menunggu dan terus balik lagi.

cuci motor bersih dan kinclong

cuci motor bersih dan kinclong